Perpisahan yang Akan Kembali Bertemu





Banyak yang mengatakan bahwa setiap ada pertemuan pasti akan kembali berpisah, bagaimana jika kita balik pernyataan itu? Apakah bisa setiap perpisahan akan kembali bertemu?

Dunia ini diciptakan dengan segala sesuatu yang berpasang-pasang. Seperti halnya pria dan wanita, siang dan malam, panjang dan pendek, jauh dan dekat, pertemuan dan perpisahan, dll. Semua berpasangan, namun perbedaan itu menjadi hal yang saling melengkapi. Kita tidak bisa membayangkan jika kehidupan di dunia ini tidak berpasangan.. masa iya pria/wanita (salah satunya) mau jadi jones seumur hidupnya, siang terus menerus rasanya panas sekali, dan banyak hal lainnya yang menjadi tidak seimbang di dunia ini. Tapi ada juga pasti di salah satu aspek kehidupan ini, hal yang tidak ingin dipasangkan dengan yang lainnya, yaitu Pertemuan tanpa Perpisahan.
Manusia adalah makhluk yang saling bergantung terhadap manusia lainnya. Aristoteles memberi istilah zoon politicon, yaitu ‘makhluk yang bermasyarakat’. Karena manusia adalah makhluk sosial dan saling bergantung dengan manusia lainnya, jadi bertemunya antar manusia adalah hal yang sangat wajar, dan wajar jika manusia tidak ingin berpisah dengan manusia lainnya, terlebih kepada seseorang yang sangat kita kenal dan mungkin yang ada di hati kita, yang kita cintai dan kita sayangi. Kita sangat tidak menginginkan perpisahan akan terjadi di dalam kehidupan kita, kita selalu ingin orang-orang yang kita inginkan tetap bersama dengan kita. Namun pertemuan dan perpisahan ini sudah menjadi kehendak Tuhan yang Maha Kuasa, kita tidak bisa menghindari hal itu. Yang pasti kita harus yakini bahwa setiap apa yang dikehendaki-Nya adalah yang terbaik untuk kita, dan pasti akan menjadi sebuah pembelajaran untuk kita.

Perpisahan ini bermacam-macam, bukan hanya berpisah secara jiwa dan raga seperti wafat. Kita lulus dari SD, kita akan berpisah dengan guru dan teman ketika SD. SMP, SMA ataupun lembaga lainnya juga seperti itu. Percayalah bahwa semua perpisahan ini hanya sementara, karena suatu saat kita akan kembali bertemu, seperti halnya siklus siang dan malam, dari siang menuju ke malam lalu bertemu siang kembali dan akan terus berlanjut terus-menerus. Kita berpisah setelah dari SMA, siapa tau nanti kita akan bertemu kembali, bahkan dalam suasana yang berbeda, bertemu dalam keadaan yang luar biasa dengan kesuksesan yang sudah kita raih. Bahkan jika kita berpisah dengan meninggalkan dunia ini terlebih dahulu, bisa saja kita akan dipertemukan kembali di akhirat nanti. Semoga saja bertemunya in Heaven, kalau di neraka mah sama aja bohong -_- banyak-banyak berdo’a, beribadah, dan berbuat baik kalau ingin seperti itu..



Dan untuk yang berpisah sementara karena jarak…
Berpisah jarak dalam suatu hubungan yang nantinya diyakini akan bertemu kembali, cukup dengan saling mendo’akan dan mensupport satu sama lain. Do’a dan dukungan adalah hal yang terpenting, do’a mempunyai suatu kekuatan keajaiban yang luar biasa. Dengan berdo’a, kita akan merasa mendekatkan yang jauh, bahkan hebatnya do’a itu kita berbisik ke bumi namun didengar oleh langit.. sungguh luar biasa Kuasa-Mu wahai Rabbi.. dan dukungan (support) juga akan membuat kita lebih semangat dalam menjalani hidup walaupun tidak dengan bertemu. Layaknya dalam pertandingan sepak bola atau hal lainnya, pasti selalu ada yang mendukung dan memberinya semangat, mereka biasa disebut dengan fans atau supporter. Dengan adanya yang mendukung, itu akan membuat kita menjadi timbul rasa semangat terhadap sesuatu.

Jadi walaupun dalam keadaan berpisah, percayalah akan kembali bertemu jika Tuhan berkehendak.


NB : Tulisan ini tidak mempunyai referensi, murni berdasarkan yang ada di otak saya yang agak eror ini, saya hanya menyampaikan apa yang ada di pikiran saya. Jadi saya minta maaf apabila ada pernyataan yang saya tulis ini tidak sesuai dengan yang seharusnya, yang tidak sesuai dengan kebenarannya, karena saya juga manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan. Semoga gak bikin sesat orang wkwkwk


(fhrf)

Share:

0 komentar