[TIPS & TRIK] Cara Mudah bin Sederhana Membuat Blog

Sekarang sudah banyak sekali kemajuan dan perkembangan dari segi teknologi, salah satunya yaitu Media. Jika pada zaman old itu medianya masih sebatas media cetak yang sangat terbatas dan hanya perusahaan-perusahaan yang memproduksi media cetak, zaman now mengalami perkembangan drastis, yaitu media digital/online, dimana semua orang bisa mengolah karya atau tulisannya sesuai konten yang diinginkannya sebebas mungkin.

Tidak sedikit para pengguna internet yang mengeluarkan isi pemikirannya di dalam dunia maya ini bisa menjadi seseorang yang sukses ataupun berpengaruh. Contoh sederhananya yaitu Raditya Dika yang dulu aktif sebagai ‘blogger’ dan isi dari artikel tersebut menjadi cerita yang menarik dalam sebuah film layar lebar.

Untuk bisa menuangkan isi, ide, dan pemikiran kita tentunya membutuhkan wadah untuk menampungnya, dan disitulah peran website penyedia blog seperti Blogger, Wordpress, Weebly, dll diperlukan. Blog mempunyai fungsi yang penting, seperti untuk memberi informasi, hiburan, pengetahuan, menceritakan kisah pribadi, bahkan juga untuk tugas, seperti tugas UAS Jurnalistik ini hehehe.

 Pada kesempatan kali ini, yang ingin saya kasih tips yaitu mengenai tata cara membuat Blog melalui Blogger (blogger.com). Silahkan disimak step by step berikut ini:


  1. Buka Browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dll.)
  2. Pada kolom alamat, ketik http://blogger.com/ , lalu tampilannya akan seperti ini.
  3.  
  4. Pilih Create Your Blog.
  5. Setelah di klik, akan muncul tampilan baru, yaitu tampilan untuk login ke akun Gmail anda. Ketik email kalian lalu klik Next, selanjutnya masukkan password anda.
  6. Setelah login selesai, akan ada tampilan lagi, yaitu untuk mengonfirmasi profil blogger anda. Disana akan ada dua pilihan untuk menggunakan profil, diantaranya yaitu Profil Google+ dan Profil Blogger. Untuk perihal ini, anda bisa memilih salah satu diantara keduanya, karena tujuannya tetap sama. Namun disini saya merekomendasikan untuk memilih Profil Google+
  7. Klik ‘Daftar Blog’
  8. Masukan Judul untuk blog, alamat yang akan dijadikan link, dan menentukan tema sesuai dengan keinginan seperti pada gambar berikut
  9. Klik ‘Buat Blog’, lalu akan muncul tampilan baru sebagai akhir dari pembuatan blog, dan selesai.


Selamat mencoba 😊

Share:

0 komentar